Minggu, 25 Oktober 2015

SEJARAH SMK



Asal mula berdirinya SMK Pati Unus
Diawali dengan pemikiran-pemikiran para aktifis pendidikan diwilayah Karangawen dan sekitarnya yang merasa pentingnya pendidikan bagi generasi muda khususnya wilayah Karangawen dan sekitarnya.
 
Nama SMK Pati Unus diambil dari nama pahlawan dari Demak yaitu Raden Pati Unus yang merupakan Putra dari Raden Patah (Raja Pertama atau lebih tepatnya Pendiri kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa/Tahun 1500 hingga 1550). Pati Unus terkenal sebagai Panglima perang yang gagah berani dan pernah memimpin perlawanan terhadap Portugis di Malaka. Karena keberaniannya itulah ia mendapatkan julukan Pangeran Sabrang Lor. 

SMK Pati Unus Karangawen berdiri dan beroperasi sejak 20 Mei 2003. Pemrakarsa berdirinya SMK adalah Para Aktifis Pendidikan dari semua kalangan mulai dari Guru SD sampai Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Kabupaten Demak (yang sekarang sebagai Ketua Yayasan). Semula hanya ada dua jurusan, yaitu Akuntansi dan Sekretaris (yang sekarang disebut Administrasi Perkantoran). Tempat penyelenggaraan proses belajar mengajar masih menumpang pada MTs Negeri Karangawen yang beralamat di Jl. Raya Karangawen No 56 dilaksanakan pada sore hari. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran tidak semudah yang kita banyangkan dalam mendirikan Sekolah terutama status menumpang disekolahan lain karna banyak sekali hambatan dan rintangan terutama konflik intern dengan Sekolah yang kita tumpangi. 

Perkembangan dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan serta kemajuan diimbangi dengan respon / kepercayaan masyarakat yang menyambut baik keberadaan sekolah ini. Sampai pada akhirnya keberadaan sekolah ini dirasakan sebagai suatu kebutuhan masyarakat. Kendala yang terasa sangat besar pada waktu itu adalah SMK belum memiliki gedung sendiri. Sehingga beberapa tokoh masyarakat mengusulkan agar SMK Swasta ini dikembangkan dan diresmikan. Dari kerja keras para pendiri dan para tokoh masyarakat sehingga
Ketua Yayasan PATI UNUS
pengembangan SMK ini tidak sia-sia. Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupten Demak No. 421.3/658 tanggal 4 Juli 2005, SMK Pati Unus yang berlokasi di Jl. Raya Karangawen No 56 diresmikan. Seiring dengan berjalannya waktu melalui perjuangan yang cukup panjang berhasil mendapat lokasi pembangunan gedung ditanah Yayasan Pati Unus Karangawen sendiri dan akhirnya memiliki tempat untuk kegiatan pembelajaran sendiri, yang sekarang beralamat di Jl. Raya Karangawen KM.19,5 Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. 

Sejalan dengan perkembangan SMK Pati Unus melebarkan sayap pada Tahun 2007/2008 membuka Jurusan baru yaitu Teknik Otomotif (yang sekarang menjadi Teknik Kendaraan Ringan), pada tahun 2008/2009 membuka Jurusan lagi yaitu Tata Busana (sekarang Busana Butik) sehingga akhir tahun 2013/2014 membuka jurusan baru Teknik Sepeda Motor (TSM) yang merupakan kompetensi keahlian dari Teknik Otomotif.

Sehingga sampai saat ini memiliki lima Jurusan (Kompetensi Keahlian) yaitu : Akuntansi (Ak), Administrasi Perkantoran (AP/dulunya Sekretaris ), Busana Butik (dulunya Tata Busana), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan Teknik Sepeda Motor (TSM) yang masuk dalam Program Studi Keahlian Teknik Otomotif.

Pejabat yang ditugasi sebagai kepala sekolah sejak tanggal 1 Agustus 2003 adalah sebagai berikut :


1.         Drs. SUNGATMAN                         (2003 s.d 2005)
2.         DIDIK ARIYANTO, S.Pd                (2005 s.d 2010)
3.         ZAMRONI, S.Pd                             (2010 s.d sekarang)

Drs. SUNGATMAN
DIDIK ARIYANTO, S.Pd
ZAMRONI, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar